Sabtu, 28 Februari 2015

Ingin Sehat ? Jangan Tinggalkan Sholat 5 Waktu

http://3.bp.blogspot.com/_YnZzQ3Iy1Vg/TUPgpx3iUTI/AAAAAAAAA1o/2qyI6cDHhJg/s1600/sequance-solat2.jpg

Dikutip dari TribunPekanbaru.Com

Tanpa kita sadari, apa yang kita anggap sekadar rutinitas dan hanya gerakkan semata saat menunaikan ibadah salat lima waktu, ternyata memiliki keutamaan tak terhingga dari sisi kesehatan.

Gerakan-gerakan salat tersebut, seperti mengangkat takbir (takbiratul ihram), rukuk, sujud, duduk, bangkit dari sujud dan rukuk serta salam, merupakan gerakan-gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia.

“Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujud-lah kamu, sembahlah Rabbmu dan perbuatlah kebajikan supaya kamu mendapat kemenangan.” (QS Al-Hajj: 77)

Bahkan dari sisi medis, salat gudangnya obat dari berbagai macam penyakit. Tetapi sayang hanya sedikit dari umat Islam yang memahaminya. Kami mencoba untuk merangkum dari berbagai sumber 10 keutamaan gerakan salat bagi kesehatan :

1 Takbiratul Ihram

Gerakan pertama dalam salat adalah Takbiratul ihram adalah gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu didekap di depan perut atau bagian bawah dada. Manfaat gerakan ini sendiri untuk melancarkan aliran darah, getah bening or limfe dan kekuatan otot pada lengan.

Posisi jantung berada tepat di bawah otak menjadikan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat kedua tangan diangkat, otot bahu meregang sehingga aliran darah dan oksigen menjadi lebih lancar.

Kemudian kedua tangan didekapkan dibagian depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian, terutama pada bagian tubuh atas.

2. Berdiri bersedekap

Manfaat: gerakan ini menghindarkan gangguan persendian pada tulang-tulang anggota gerak atas

3. Rukuk

Rukuk merupakan gerakan saat posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus, bahkan segelas air diletakkan di atas punggung tersebut tak akan tumpah jika posisinya benar.

Apabila ini dilakukan dengan sempurna, postur ini akan menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae). Begitu juga dengan posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Gerakan rukuk ini sendiri memiliki manfaat menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat. Posisi jantung sejajar dengan otak, sehingga aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah.

Begitu juga saat posisi tangan bertumpu pada lutut, posisi ini akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

Sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Tangan bertumpu di lutut berfungsi relaksasi otot-otot bahu hingga ke lengan bawah. Selain itu, rukuk juga dapat melatih sistem kemih sehingga dapat mencegah gangguan prostat.

4. I’tidal

Gerakan bangun dari rukuk dimana tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi daun telinga disebut I’tidal.

Manfaat gerakan ini sangat baik untuk mencerna karena gerakannya banyak melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya. Sehingga organ pencernaan seolah mengalami pmijatan dan pelonggaran. Hal ini dapat melancarkan dan memelihara fungsi sistem pencernaan.

5. Sujud

Kerena posisi jantung berada atas otak saat sujud, menyebabkan darah kaya akan oksigen mengalir maksimal ke otak. Aliran ini member efek positif pada daya pikir seseorang.

Ini dibuktikan dengan sebuah riset dilakukan di AS menyimpulkan, sujud menyebabkan pasokan darah kaya oksigen mengalir lancar menuju otak. Ini memelihara dan memacu kerja sel-sel otak pada akhirnya meningkatkan kecerdasan.

Maka dari itu, jangan melakukan sujud dan tuma’ninah secara tergesa-gesa agar aliran darah berjalan dengan baik. Gerakan ini juga bisa menghindarkan gangguan wasir dan memperbaiki aliran getih bening.

Rukuk itu sendiri merupakan gerakan menungging dengan meletakkan kedua tangan di samping kepala, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai atau sajadah. Kemudian terkhusus untuk para muslimah-muslimah, baik sujud atau pun rukuk memiliki manfaat sangat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan kewanitaan.

Bagi pria, sujud berguna membentuk tubuh lebih indah. Sedangkan bagi perempuan, ini dapat membantu mengencangkan dan memperindah payudara serta meningkatkan kualitas Air Susu Ibi (ASI) berguna bagi bayi.

Selain itu, dalam pose sujud, kaum hawa dapat menikmati pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh dan Kondisi ini akan melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama.

 6. Duduk (Duduk di Antara 2 Sujud/Duduk Tahiyat Awal)

Saat duduk iftirasy, kita bertumpu pada pangkal paha yang dilewati saraf skiatik (nervus ischiadicus), hal ini dapat memelihara fungsi saraf skiatik. Hal ini dapat mencegah penyakit skiatika (ischialgia), yaitu gangguan di sepanjang daerah dipersarafi saraf skiatik menyebabkan nyeri dari punggung bagian bawah sampai kaki yang luar biasa sehingga menyebabkan penderitanya tidak mampu berjalan.

Duduk Tawarruk (Duduk Tahiyat Akhir)

Duduk tawarruk yang sempurna sangat baik bagi pria karena dapat membantu mencegah impotensi dan mencegah gangguan pada ureter, kandung kemih (vesica urinaria), vas deferens, dan uretra.

Variasi posisi telapak kaki pada duduk iftirasy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian gerakan. Gerakan yang harmonis dan teratur inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ kaki kita.

Saat keadaan duduk inilah tumit berkonsentrasi pada daerah otot-otot perineum. Daerah ini merupakan daerah terlindung pada wanita yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih.Jadi gerakan ini sangat bermanfaat penting untuk kesehatan perempuan.

7. Salam

Gerakan terakhir dalam salat adalah memutar kepala ke kanan dan ke kiri dengan maksimal disebut salam. Manfaatnya, merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala.Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.  

(fakhrurrodzi)

Tips Kenapa Rasulllah Hanya 2 Kali Sakit

http://2.bp.blogspot.com/-_I-l6Hp4sbs/UMNcYTJsLXI/AAAAAAAAAQU/uveIomm5y00/s1600/hidup+sehat+ala+rasulullah.jpg

Dikutip dari TribunPekanbaru.Com

Kesehatan merupakan aset kekayaan yang tak ternilai harganya. Ketika nikmat kesehatan dicabut oleh Allah SWT, maka manusia rela mencari pengobatan dengan biaya mahal bahkan ke tempat jauh sekalipun.

Sayangnya, hanya sedikit orang yang peduli dan menjaga nikmat diberikan Allah tersebut sebelum dicabut-Nya kembali.

Lalu, apa kunci sehingga Rasulullah hanya jatuh sakit dua kali sepanjang hayatnya, pertama, ketika diracun oleh seorang perempuan Yahudi ketika ia menghidangkan makanan kepada Nabi Muhammad SAW. Kedua, jelang mangkatnya.

Kuncinya, Nabi Muhammad SAW mengamalkan menghirup udara segar di waktu subuh. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. Para pakar kesehatan menyatakan, udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain.

Sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.

Rasulullah SAW bersabda, “Nikmat pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak adalah ketika dikatakan kepadanya, “Bukankah Aku telah menyehatkan badanmu serta memberimu minum dengan air yang menyegarkan?” (HR. Tirmidzi: 3358. dinyatakan shahih oleh Syaikh al-Albani).

Menurut Indra Kusumah SKL, S.Psi dalam bukunya “Panduan Diet ala Rasulullah”, kesehatan sering dilupakan, padahal ia seakan-akan bisa diumpamakan sebagai mahkota indah di atas kepala orang-orang sehat yang tidak bisa dilihat kecuali oleh orang-orang yang sakit.

Sepintas masalah makan ini tampak sederhana, namun ternyata dengan pola makan yang dicontohkan Rasulullah mampu menjawab semua itu. Beliau terbukti memiliki tubuh yang sehat, kuat dan bugar.

Ketika Kaisar Romawi mengirimkan bantuan dokter ke Madinah, ternyata selama setahun dokter tersebut kesulitan menemukan orang yang sakit. Dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah tentang rahasia kaum muslimin sangat jarang mengalami sakit.

Pakar kesehatan selama ini mengenal dua bentuk pengobatan yaitu pengobatan sebelum terjangkit penyakit atau preventif (ath thib Al wiqo’i) dan pengobatan setelah terjangkit penyakit (at thib al’ilaji).

Dengan mencontoh pola makan Rasulullah tersebut, kita sebenarnya sedang menjalani terapi pencegahan penyakit dengan makanan (attadawi bil ghidza).

Beberapa gambaran pola hidup sehat Rasulullah berdasarkan berbagai riwayat bisa dipercaya, sebagai berikut:

1. Di pagi hari, Rasulullah menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Organ tubuh tersebut sangat berperan dalam konsumsi makanan. Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu.

2. Di pagi hari juga, Nabi Muhammad SAW membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin dicampur sesendok madu asli. Khasiatnya luar biasa. Dalam Alquran, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

3. Masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah senantiasa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa’ (matang). Ia bersabda, “Barang siapa makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.

Hal itu terbuki ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar. Racun yang tertelan olehnya kemudian dinetralisir oleh zat-zat terkandung dalam kurma.

Seorang sahabat, Bisyir ibu al Barra’ yang ikut makan tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah selamat dari racun tersebut.

4. Menjelang sore hari, menu Rasulullah biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Selain itu, Nabi juga mengonsumi makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, di antaranya mencegah lemah tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan.

Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.

5. Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran. Beberapa riwayat mengatakan, Rasulullah selalu mengonsumsi sana al makki dan sanut. Menurut Prof Dr Musthofa, di Mesir keduanya mirip dengan sabbath dan ba’dunis.

Mungkin istilahnya cukup asing bagi orang di luar Arab, tapi dia menjelaskan, intinya adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi sama yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit.

6. Rasulullah tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna. Caranya juga bisa dengan shalat.

7. Disamping menu wajib di atas, ada beberapa makanan disukai Rasulullah tetapi tidak rutin mengonsumsinya. Di antaranya, tsarid yaitu campuran antara roti dan daging dengan kuah air masak.

Beliau juga senang makan buah yaqthin atau labu air, yang terbukti bisa mencegah penyakit gula. Kemudian, beliau juga senang makan buah anggur dan hilbah (susu). Qitsa adalah sejenis buah-buahan mirip mentimun tetapi ukurannya lebih besar (Hirbis)

8. Nabi Muhammad SAW sering menyempatkan diri untuk berolahraga. Terkadang beliau berolahraga sambil bermain dengan anak-anak dan cucu-cucunya. Pernah pula ia lomba lari dengan istri tercintanya, Aisyah RA.

9. Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Alasannya, ia tidak menyukai berbincang-bincang dan makan sesudah waktu isya. Biasanya beliau tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi. Istirahat cukup dibutuhkan oleh tubuh karena tidur termasuk hak tubuh.

10. Pola makan Rasulullah ternyata sangat cocok dengan irama biologi berupa siklus pencernaan tubuh manusia oleh pakar kesehatan disebut circadian rhytme (irama biologis).

Fakta-fakta di atas menunjukkan pola makan Rasulullah ternyata sangat cocok dengan irama biologi berupa siklus pencernaan tubuh manusia yang oleh pakar kesehatan disebut circadian rhytme (irama biologis). Inilah yang disebut dengan siklus alami tubuh yang menjadi dasar penerapan Food Combining (FC).

Selain itu, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk tidak dikombinasikan untuk dimakan secara bersama-sama. Makanan-makanan tersebut antara lain: jangan minum susu bersama makan daging, jangan makan ayam bersama minum susu, jangan makan ikan bersama telur, jangan makan ikan bersama daun salad, Jangan minum susu bersama cuka, jangan makan buah bersama minum susu.  

(fakhrurrodzi/berbagai sumber)

Wudhu Baik Bagi Kesehatan

http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/wudhu-ilustrasi-_120906194106-209.jpg

Dikutip dari TribunPekanbaru.Com

Memang ini kedengarannya sepele. Tapi jangan anggap enteng soal ini, pasalnya Rasulullah SAW senantiasa wudhu sebelum tidur. Berwudhu, disamping bernilai ibadah juga bermanfaat besar bagi kesehatan dan memiliki Rahasia Tersembunyi.

Secara tidak sadar, kita selalu menyepelekan hal berwudhu. Karena sesungguhnya berwudhu tidak sekadar membasahkan muka dari air saja.
Rasul SAW memerintahkan umat Islam agar menyempurnakan wudhunya. "Sempurnakanlah wudhumu, karena sesungguhnya Aku (Rasul--Red) akan mengenali kalian di hari kiamat nanti dari bekas wudhunya."

Kulit merupakan organ paling besar dari tubuh kita dengan fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindunginya dari kuman, racun, radiasi, dan sebagainya.

Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology berkebangsaan Austria, menemukan sesuatu menakjubkan tentang wudhu.

Ia mengemukakan, pusat-pusat syaraf paling peka, antara lain sebelah dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar. Dari sini, ia menghubungkan hikmah wudhu membasuh pusat-pusat syaraf tersebut.

Di antaranya pori-pori kulit, rongga mulut, hidung, dan telinga. Kulit merupakan tempat empuk berbagai penyakit, kuman dan bakteri lainnya, seperti Mycobacterium sp (penyakit TBC kulit), Staphylococcus epidermis, Streptococcus pyogenes.

Termasuk kuman sering menyerang melalui rongga hidung, Streptococcus pneumonia (penyakit pneumoni paru), Neisseria sp, Hemophilus sp.

Peneliti dari Universitas Alexsandria, Mesir, dr Musthafa Syahatah, sekaligus Dekan Fakultas THT, menyebutkan, jumlah kuman pada orang berwudhu lebih sedikit dibanding orang tidak berwudhu.

Coba kita lihat saat ini, paramedis dan dokter, termasuk ajakan mencuci tangan yang digalakkan saat ini sangat ampuh dilakukan dengan cara berwudhu. Padahal, cara seperti itu, sudah dilakukan ratusan sebelumnya.

Perlu diketahui juga Jepang membutuhkan waktu selama 100 tahun untuk membiasakan warganya melakukan cuci tangan. Berbagai kampanye dilakukan mendukung kegiatan tersebut.

Lalu, seperti apa tertib wudhu dan manfaatnya bagi kesehatan? berikut kami sajikan disarikan dari berbagai sumber dan diolah untuk Anda pembaca setia kami.

1. Membasuh Kedua Telapak Tangan

Membasuh kedua telapak tangan berarti membersihkan sela-sela jari, kuku, dan telapak tangan. Cuci tangan merupakan cara pencegahan dari penyakit. Virus, bakteri atau mikroba lainnya dapat dicegah masuk ke dalam tubuh dengan cara membasuh telapak tangan.
Biasanya banyak aktifitas dilakukan dengan tangan, seperti makan, memegang sesuatu dll. sehingga akan mudah bagi penyakit atau virus masuk ke dalam tubuh. Selain itu membasuh telapak tangan dapat merefleksikan diri, karena ternyata terdapat beberapa titik pada telapak tangan bisa menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Pada telapak tangan terdapat banyak serabut syaraf, pembuluh vena, pembuluh arteri dan pembuluh limfa. Dengan menggosok pada sela-sela jari akan melancarkan peredaran darah yang mengandung makanan dan oksigen.

Cuci tangan merupakan cara pencegahan agar tidak terjangkit penyakit, seperti Hepatitis A, misalnya virusnya dapat dicegah masuk ke dalam tubuh dengan mencuci tangan, serta membasuh telapak tangan dapat merefleksikan diri, karena di telapak tangan terdapat banyak titik yang dapat menguntungkan bagi kesehatan kita.

Menurut pandangan medis hal ini sangatlah rasional. Karena pada bagian tersebut terdapat banyak serabut saraf, arteri, vena, dan pembuluh limfe. Menggosok pada sela-sela jari sudah semestinya memperlancar aliran darah perifer (terminal) yang menjamin pasokan makanan dan oksigen.

 2. Berkumur-kumur

Hadist Riwayat Muslim dari Amru bin Yahya mengatakan, “Rasulullah SAW berkumur dan membersihkan hidung masing-masing dengan tiga ciduk air”.

Berkumur merupakan kegiatan membersihkan rongga mulut dengan air menghindarkan dari penularan berbagai penyakit. Seringkali terjadi sisa-sisa makanan mengendap atau tersangkut antara sela-sela gigi.

Apabila tidak dibersihkan akan digunakan sebagai tempat pertumbuhan dan  perkembangan kuman-kuman. Dengan berkumur-kumur berarti tanpa disadari kita telah mencegah pertumbuhan penyakit penyebab infeksi pada gigi dan mulut.
Hasil analisa para ilmuwan modern membuktikan, dengan berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari penyakit radang dan menjaga gusi dari luka.

Dengan berkumur juga berarti kita menjaga kesehatan gigi dan mulut karena akan menghilangkan sisa makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi setelah makan.

Manfaat lainnya adalah dapat menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya dan menjadikan jiwa seseorang menjadi tenang.

3. Istinsyaq

Hadist Riwayat Muslim dari Abu Hurairah RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda " Apabila seorang dari kamu berwudhu, maka hiruplah air dengan lubang hidung, kemudian hembuskanlah”.

Istinsyaq adalah menghirup air melalui lubang hidung lalu ke rongga hidung sampai ke tenggorokan hidung (nasofaring).

Ini berfungsi untuk membersihkan selaput dan lendir hidung telah tercemar oleh udara kotor dan kuman. Kita tahu, selaput dan lendir hidung merupakan pertahanan pertama dalam sistem pernapasan kita.

Dari hidung bisa saja penyakit tersebut menular sampai ke paru-paru. Sehingga akan semakin tinggi tingkat kebahayaannya. Seperti dikutip dari pathmo.com, penelitian yang dilakukan Tim Kedokteran Universitas Alexandria, Mesir, membuktikan orang yang berwudhu secara rutin, akan membuat hidung mereka bersih dari debu, bakteri dan mikroba.

Lubang hidung merupakan tempat mudah dihinggapi bakteri, virus dan mikroba. Hasil penelitian salah satu komite kongres antar Negara-negar Islam (OKI) di Kairo, Mesir, membersihkan hisung 5 kali setiap wudhu dapat menjaga kenyamanan rongga-rongga hidung dari penyakit infeksi peradangan.

Sehingga organ-organ tubuh terlindung dari serangan kuman yang bersarang di dalam rongga hidung.

4. Membasuh Wajah

Dengan membasuh wajah berarti kita membersihkan wajah dari debu-debu mengandung kuman/bakteri penyebab masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, dan sebagainya. Selain itu dapat membuat wajah selalu segar setiap saat, termasuk menghilangkan rasa kantuk.

Tidak hanya itu, mengurangi depresi pada wajah, membantu peremajaan kulit, serta membantu kulit untuk bernafas. Kulit sebelumnya tertutup oleh debu atau balutan make up ketika dibasuh akan bersih sehingga dapat bernafas lagi.

Pada saat malam hari, kulit bekerja ekstra keras dan terjadi hal khusus pada kulit. Aliran darahpun meningkat, kebutuhan oksigen semakin banyak dan metabolisme kulit ikut meningkat pula.

Pada saat itu, merupakan tanda-tanda kulit telah mempersiapkan untuk memperbaiki diri. Secara alami, kulit akan memperbaiki kerusakan karena akibat dari aktivitas siang hari dan mempersiapkan dirinya sambut esok hari. Jadi membasuh wajah dalam 5 waktu begitu penting manfaatnya bagi diri kita sendiri.

5. Membasuh Kedua Tangan

Membasuh kedua tangan dari telapak tangan hingga siku berarti menghilangkan debu dan kuman biasanya menempel pada bagian tersebut. Selain itu bisa juga menghilangkan keringat pemicu bau badan serta menjaga kesegaran kulit agar tidak kering.

Menurut para pakar kesehatan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh dengan cara mengaliri air pada ujung jari. Dari telapak tangan hingga siku terdapat banyak titik akupuntur bisa menyembuhkan penyakit berhubungan dengan dada, paru-paru, jantung, lambung, tenggorokan, dan organ-organ gerak bagian atas, serta terdapat titik yang menghilangkan rasa cemas.

Menurut para ilmuwan, membasuh kedua tangan bisa membuang energi buruk ada di dalam tubuh melalui ujung jari yang dialiri air. Titik-titik yang dapat menghilangkan rasa cemas pun terdapat pada bagian ini.

6. Membasuh Bagian Kepala Dilanjutkan Kedua Telinga

Membasuh bagian kepala dengan menyapunya dari bagian depan hingga belakang kepala, terutama ubun-ubun. Dengan cara ini, dapat membuat otak kita menjadi jernih dalam berpikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut dan terhindar dari penyakit pikun.

Pasalnya, pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia. Sedangkan, membasuh kedua telinga berarti membersihkan kedua telinga dari kotoran, debu dan kuman yang menempel pada daun telinga dan lekukan-lekukannya.

Mengusap kedua telinga dengan air merangsang titik pendengaran dan keseimbangan. Pada telinga juga terdapat titik-titik akupuntur. Penelitian kedokteran di China, bentuk telinga bisa dipresentasikan sebagai tubuh manusia.

Bentuk telinga ini sama dengan bentuk tubuh saat meringkuk ketika masih di dalam rahim ibunya. Kepalanya adalah bagian yang dipasang anting.

Dalam lubang tempat tersimpannya organ-organ tubuh bagian dalam. Melakukan stimulasi seperti wudhu akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ dalam. Adapun lingkaran luar menggambarkan punggung. Pemijatannya juga seolah menstimulasi punggung dan ruas-ruas tulang belakang.

7. Membasuh Kedua Telapak Kaki

Membasuh kedua telapak dengan memijatnya secara baik dapat membuat perasaan tenang dan nyaman. Telapak kaki merupakan cerminan kebersihan seluruh perangkat tubuh.

Orang yang membasuh kaki hingga telapak kaki dengan air ini merupakan rahasia munculnya perasaan tenang dan nyaman dalam hati setiap muslim setelah berwudhu. Termasuk membersihkan di sela-sela jari kaki, sangat baik bagi syaraf mata dan di kepala.

Wudhu yang dilakukan lima kali dalam sehari bisa menghilangkan debu, virus, bakteri dan mikroba lainnya serta dapat mencegah terjangkitnya penyakit kanker.

Cahaya matahari mengandung sinar ultraviolet yang berdampak buruk bagi kulit seperti penyakit kanker kulit. Sinar ini hanya akan terkena organ-organ bagian tubuh luar.

Dengan berwudhu berarti kita menjaga kelembaban kulit dan mencegah sengatan matahari pada sel-sel lapisan dalam kulit. Wudhu memiliki keutamaan dan mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan.

Dr Ahmad Syauqy Ibrahim (peneliti bidang penderita penyakit dalam dan penyakit jantung) di London mengatakan, "Para Pakar sampai pada kesimpulan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung, kecemasan, dan insomnia (susah tidur)”.  

(fakhrurrodzi/berbagai sumber)

Khasiat Bawang Putih Sejak Zaman Dulu


https://obatbatuempedu02.files.wordpress.com/2013/09/khasiat-bawang-putih-untuk-kulit.jpg 
Dikutip dari TribunPekanbaru.Com

Bawang putih merupakan bumbu utama hampir dalam setiap masakan. Anda juga bisa memanfaatkan bumbu ini untuk memelihara kesehatan tubuh. Salah satu yang sudah diteliti adalah manfaatnya sebagai pencegah kanker dan penurun tekanan darah. Kenali apa saja manfaat lainnya:

Menumbuhkan rambut

Bawang putih bisa mengatasi masalah kerontokan rambut karena mengandung banyak allicin. Allicin merupakan senyawa yang juga ditemukan di bawang bombay, yang efektif merawat rambut rontok. Gosok potongan bawang putih di kulit kepala, lebih baik lagi jika sambil di pijat. Anda juga bisa menambahkan minyak pada bawang putih untuk memijat nya di kulit kepala.

Membersihkan jerawat

Mungkin ini bukan bahan utama dalam obat jerawat yang dijual bebas, namun bawang putih dapat menjadi obat alami yang bagus untuk membersihkan jerawat yang tidak diinginkan. Kandungan antioksidannya membunuh bakteri, jadi usap potongan bawang putih pada jerawat untuk pengobatan topikal yang efektif.

Mencegah dan mengobati pilek

Makanan yang dibumbui dengan bawang putih bukan hanya lezat tapi juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jika pilek mulai menyerang, coba minum teh bawang putih. Cara membuatnya, cincang bawang putih lalu rendam dalam air panas beberapa menit, kemudian saring dan minum. Anda bisa menambahkan madu atau jahe untuk meningkatkan rasanya.

Mengatasi psoriasis

Dikenal sebagai bahan anti-peradangan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan psoriasis (penyakit kulit akibat gangguan sistem imun) yang tak membuat Anda nyaman. Coba gosok sedikit minyak bawang putih di bagian yang terdapat psoriasis, untuk menghaluskan dan menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Menjaga berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan, tikus yang memakan asupan kaya bawang putih mengalami penurunan berat badan dan lemak mereka. Masaklah makanan dengan bawang putih untuk rasa yang lebih enak dan ramah pinggang.

Mencabut serpihan

Menaruh potongan bawang putih dan merekatkannya secara kuat dengan perban atau lakban merupakan langkah yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mencabut serpihan tajam yang masuk ke dalam kulit .

Merawat kaki

Karena kandungan anti-jamur, bawang putih bisa berguna membersihkan rasa gatal pada kaki. Rendam kaki dalam air hangat dan masukkan bawang putih yang sudah dihancurkan.

Mengusir nyamuk

Para peneliti masih belum memahami kenapa nyamuk tampak tidak menyukai bawang putih. Sebuah studi di India menemukan bahwa orang yang mengoles ramuan bawang putih di lengan dan kakinya tidak terganggu oleh nyamuk. Gunakan minyak bawang putih, petroleum jelly, dan lilin lebah sebagai pencegah alami. Bisa juga Anda meletakkan satu siung bawang putih di dekat Anda agar tak terganggu nyamuk.


Sumber : 
kompas.com
pekanbaru.tribunnews.com

Kamis, 12 Februari 2015

Keajaiban Pendenganran & Penglihatan Manusia

Fenomena Pendengaran

Dikutip dari AjaibDanAneh.Blogspot.Com

Ilmu tentang embrio baru diketahui oleh ilmuwan barat pada abad ke-17. ilmu ini berkembang agak lambat karena terbatasnya alat untuk melihat kromosom-kromosom yang sangat kecil. Setelah mikroskop ditemukan barulah ilmu ini maju pesat. Ajaibnya, 14 abad yang lampau, Al Quran secara tidak langsung sudah memberikan rujukan mengenai ilmu tersebut. Dan meskipun Al Quran muncul jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat, namun apa yang tertulis didalamnya sama sekali tak bertentangan. Subhanallah.

Sebagaiman hal tersebut, dalam Al Quran banyak ayat menyebutkan bahwa indera pendengaran lebih dahulu ketimbang penglihatan. Dalam Al Quran, kata ‘mendengar’ selalu disebutkan lebih awal dari kata ‘melihat’. Itu artinya, menurut Dr. Husain Ridhan al-Balidy dalam makalah berjudul “I’ijaz Al Quran al-Karim” yang dimuat dalam salah satu edisi Majalah al-Liwa’ al-Islami, Mesir 2002, terciptanya indera pendengaran lebih dahulu ketimbang penglihatan.

Fenomena ini, katanya lagi, tepat sekali dengan apa yang diungkap oleh ilmu pengetahuan. Beberapa riset kedokteran, terutama susunan anatomi tubuh manusia, memang mengisyaratkan demikian.


“Sungguh Kami Ciptakan manusia dari setetes air mani yang bercampur, lalu Kami beri dia (anugerah) pendengaran dan penglihatan” (QS. Al Insaan:2)

“Tetapi, Dia menyempurnakan dan meniupkan kedalam tubuh, ruh ciptaan-nya. Dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati. Tetapi kamu sedikit sekali bersyukur” (QS. As Sajadah:9)

“Tetapi pendengaran, penglihatan, dan hati mereka itu tidak berguna sedikitpun bagi mereka” (QS. Al Ahqaaf:26)

Fakta mengenai penciptaan anatomi pendengaran dan penglihatan manusia dapat pula dijelaskan secara embriologi. Yaitu disiplin ilmu yang menguraikan pembentukan dan pertumbuhan janin manusia. Pada janin, alat pendengaran lebih dulu berkembang ketimbang penglihatan. Telinga terus berkembang dan mencapai fase sempurna pada bulan kelima dari kehidupan janin. Pada saat itu janin sudah mampu mendengar berbagai suara meskipun masih berada dalam kandungan. Lain halnya dengan penglihatan, janin tidak dapat melihat cahaya dan berbagai gambar kecuali setelah dilahirkan. Dengan kata lain, kematangan indera penglihatan tidak akan sempurna kecuali setelah dilahirkan.

Dalam ilmu pengetahuan modern menjelaskan, sistematika susunan otak manusia terdiri atas beberapa kepingan, diantaranya: keeping otak depan, dahi, pelipis, dan bagian belakang. Pada keeping-keping tersebut terdapat bermacam-macam pusat indera, pusat gerak, dan lainnya. Adapun pusat pendengaran terletak pada keeping pelipis otak yang berhadapan dengan telinga. Sedangkan pusat penglihatan terletak pada bagian belakang otak. Karena kedekatan syaraf telinga dengan otak maka sinyal dari luar lebih dulu ditangkap oleh gendang telinga ketimbang retina pada mata.

 Frederick Vester dalam karyanya Denken, LernenVergessen,vga, 1978, halaman 6 menjelaskan bahwa sinyal yang sampai pada kelima indera akan memberi efek jika otak berfungsi. Pada orang gila, sebagian sel otaknya tidak berfungsi, sehingga mereka tidak mampu berfikir secara wajar. Dan berkenaan dengan telinga serta mata, Vester memberi ilustrasi keadan gelap gulita ~ misalnya, pada malam hari dimana tak ada satupun cahaya, atau pada saat kita terlelap tidur ~ pada keadaan tersebut indera penglihatan sama sekali tidak berungsi, namun otak tetap bekerja denagn mengandalkan kepekaan telinga.

“Namun otak manusia tidak berhubungan langsung dengan materi sesungguhnya. Penginderaan materi hanyalah sekadar tiruan sinyal listrik yang terbentuk di dalam otak. Karena itu, jika syaraf-syaraf panca indera yang berhubungan dengan otak mengalami gangguan, penampakan materi akan segera lenyap”. Kata Vester lagi.

Maha Benar Allah dengan Segala Firman-Nya

Kisah Mengharukan Ini Membuktikan Semua Orang Punya Potensi Untuk Jadi Hebat




Dikutip dari ANNIDA-ONLINE.COM

Dari kisah nyata seorang guru.Di suatu sekolah dasar, ada seorang guru yang selalu tulus mengajar dan selalu berusaha dengan  sungguh-sungguh membuat suasana kelas yang baik untuk murid-muridnya.

Ketika guru itu menjadi wali kelas 5, seorang anak–salah satu murid di kelasnya– selalu berpakaian kotor dan acak-acakan. Anak ini malas, sering terlambat dan selalu mengantuk di kelas. Ketika semua murid yang lain mengacungkan tangan untuk menjawab kuis atau mengeluarkan pendapat, anak ini tak pernah sekalipun mengacungkan tangannya.

Guru itu mencoba berusaha, tapi ternyata tak pernah bisa menyukai anak ini. Dan entah sejak kapan, guru itu pun menjadi benci dan antipati terhadap anak ini. Di raport tengah semester, guru itu pun menulis apa adanya mengenai keburukan anak ini.

Suatu hari, tanpa disengaja, guru itu melihat catatan raport anak ini pada saat kelas 1. Di sana tertulis “Ceria, menyukai teman-temannya, ramah, bisa mengikuti pelajaran dengan baik, masa depannya penuh harapan,”
“..Ini pasti salah, ini pasti catatan raport anak lain….,” pikir guru itu sambil melanjutkan melihat catatan raport anak ini.

Di catatan raport kelas 2 tertulis, “Kadang-kadang terlambat karena harus merawat ibunya yang sakit-sakitan,”

Di kelas 3 semester awal, “Sakit ibunya nampaknya semakin parah, mungkin terlalu letih merawat, jadi sering mengantuk di kelas,”

Di kelas 3 semester akhir, “Ibunya meninggal, anak ini sangat sedih terpukul dan kehilangan harapan,”

Di catatan raport kelas 4 tertulis, “Ayahnya seperti kehilangan semangat hidup, kadang-kadang melakukan tindakan kekerasan kepada anak ini,”

Terhentak guru itu oleh rasa pilu yang tiba-tiba menyesakkan dada. Dan tanpa disadari diapun meneteskan air mata, dia mencap memberi label anak ini sebagai pemalas, padahal si anak tengah berjuang bertahan dari nestapa yang begitu dalam…
Terbukalah mata dan hati guru itu. Selesai jam sekolah, guru itu menyapa si anak:
Bu guru kerja sampai sore di sekolah, kamu juga bagaimana kalau belajar mengejar ketinggalan, kalau ada yang gak ngerti nanti Ibu ajarin,”

Untuk pertama kalinya si anak memberikan senyum di wajahnya.

Sejak saat itu, si anak belajar dengan sungguh - sungguh prepare dan review dia lakukan dibangkunya di kelas nya.

Guru itu merasakan kebahagian yang tak terkira ketika si anak untuk pertama kalinya mengacungkan tanganya di kelas. Kepercayaan diri si anak kini mulai tumbuh lagi.

Di Kelas 6, guru itu tidak menjadi wali kelas si anak.

Ketika kelulusan tiba, guru itu mendapat selembar kartu dari si anak, di sana tertulis. “Bu guru baik sekali seperti Bunda, Bu guru adalah guru terbaik yang pernah aku temui.”

Enam tahun kemudian, kembali guru itu mendapat sebuah kartu pos dari si anak. Di sana tertulis, “Besok hari kelulusan SMA, Saya sangat bahagia mendapat wali kelas seperti Bu Guru waktu kelas 5 SD. Karena Bu Guru lah, saya bisa kembali belajar dan bersyukur saya mendapat beasiswa sekarang untuk melanjutkan sekolah ke kedokteran.

Sepuluh tahun berlalu, kembali guru itu mendapatkan sebuah kartu. Di sana tertulis, “Saya menjadi dokter yang mengerti rasa syukur dan mengerti rasa sakit. Saya mengerti rasa syukur karena bertemu dengan Ibu guru dan saya mengerti rasa sakit karena saya pernah dipukul ayah,”

Kartu pos itu diakhiri dengan kalimat, “Saya selalu ingat Ibu guru saya waktu kelas 5. Bu guru seperti dikirim Tuhan untuk menyelamatkan saya ketika saya sedang jatuh waktu itu. Saya sekarang sudah dewasa dan bersyukur bisa sampai menjadi seorang dokter. Tetapi guru terbaik saya adalah guru wali kelas ketika saya kelas 5 SD.

Setahun kemudian, kartu pos yang datang adalah surat undangan, di sana tertulis satu baris,
mohon duduk di kursi Bunda di pernikahan saya.

sumber: grup wa
foto: google

Sumber : http://annida-online.com

Pertanyaan Seorang Kristen, "Kenapa Yesus Bukan Anak Tuhan ?", Inilah Jawaban Dr. Zakir Naik


Dikutip dari Muslimina.Blogspot.Com

Dr. Zakir Naik berasal dari India. Ia adalah penerus sang guru, Ahmed Deedat. Ia total terjun di dunia dakwah dan berhenti dari profesi sebagai Dokter Medis. Dr. Zakir Naik telah meng-Islam-kan puluhan ribu orang. Ingatan Dr. Zakir Naik, sungguh luar biasa, ia bukan hanya mampu menghafal Alquran dan Shahih Bukhari Muslim, tapi juga menguasai kitab weda, tripitaka, bhagavad gita. Ia memiliki harapan yang sama dengan Ahmed Deedat, yaitu menggelar Debat Terbuka dengan Paus Paulus langsung di markasnya Vatikan-Roma! Hingga Ahmed Deedat meninggal, Vatikan belum memberi jawaban. Namun Zakir Naik masih tetap terus melayangkan surat tantangan Debat Terbuka kepada Paus Yohanes Paulus II hingga sekarang. Berikut ini adalah salah satu video dialognya dengan Umat Kristen.


Penanya : “Nama saya adalah Patrick, saya mahasiswa. Pertanyaan saya adalah, dalam Islam, Yesus bukanlah anak Tuhan. Saat kita semua dilahirkan dari ayah dan ibu. Tapi Yesus hanya dilahirkan dari seorang ibu tanpa ayah. Kenapa dia bukan anak Tuhan?”

Dr. Zakir Naik : “Saudara Patrick mengajukan pertanyaan yang sangat bagus. Poin yang sangat penting yang dia katakan kenapa dalam Islam Yesus a.s tidak dianggap anak Tuhan. Saat kita dilahirkan biasa, dia dilahirkan dari seorang perawan. Sederhananya, bila Anda berkata dia anak Tuhan, itu bukan masalah. Jika Anda, membaca bahasa Injil. Jika Anda berkata bahwa kita adalah anak Tuhan dan Yesus anak Tuhan dalam konteks itu berarti, dia adalah seseorang yang mematuhi perintah Tuhannya. Maka dari itu, sungguh semua rasul, mereka semua adalah anak Tuhan.Tapi masalahnya jika seseorang berkata Yesus bukan anak biasa, melainkan anak kandung Tuhan, itulah masalahnya. Karena jika Anda membaca Injil, Tuhan mempunyai beberapa anak. Karena jika Anda membaca Injil, Adam itu anak Tuhan, Isa anak Tuhan, Efraim anak Tuhan, disebutkan dalam Bab Romance bab 8. Semua yang dituntun oleh ajaran Tuhan, mereka adalah anak Tuhan. Itu berarti jika Anda mengikuti perintah Tuhan maka Anda adalah anak Tuhan. Saya tidak mempermasalahkan pernyataan itu sama sekali. Tapi saat ini, kalimat itu sudah disalahpahami. Contohnya jika seorang anak kecil bertanya pada saya, saya berkata, “nak, itu pertanyaan yang bagus.” Dia tidak akan keberatan karena saya lebih tua. Anda tahu itu. Namun jika saya malah berkata “anak kandungku”, itu berarti saya mengaku sebagai ayah kandungnya. Dan mungkin dia akan menonjok saya. Jadi apa yang harus Anda sadari adalah, menggunakan frase “anak Tuhan” dalam konteks bahwa kita adalah anak-anak dalam bentuk panggilan, itu bukan masalah. Arti frase itu adalah semua manusia yang patuh pada perintah Tuhannya, bisa disebut anak Tuhan. Itu bukan masalah. Tapi apa yang orang Kristen katakan yaitu, “Bukan.. bukan, dia bukan anak biasa.” Dan mereka mengambil dalil dari ajaran John bab 3 ayat 16. “Karena Tuhan sangat mencintai dunia, maka Dia memberikan satu-satunya anak kandung. Barangsiapa yang percaya padanya, maka tidak akan binasa, tapi hidup selamanya.” Betul begitu? Jadi Anda percaya Yesus adalah anak Tuhan?

Penanya : “Saya percaya”

Dr. Zakir Naik : “Anda percaya, baiklah, sekarang mari kita periksa hal ini. Dalam ajaran John Bab 3 ayat 16, ini dari versi Raja James, “Karena Tuhan begitu mencintai dunia, maka Dia memberikan satu-satunya anak kandung. Barangsiapa yang percaya padanya, maka tidak akan binasa, tapi hidup selamanya.” Saat Anda membaca revisi standar dari Injil, Revisi oleh para sarjana Kristen tingkat tertinggi. Terdiri dari 50 satuan perkumpulan Kristen yang berbeda-beda. Mereka berkata bahwa kata “anak kandung” tersebut, ternyata adalah penambahan, terbitan, buatan dan juga aliterasi semata. Siapa yang berpendapat demikian? Bukan orang Islam, bukan pula orang Hindu. Mereka adalah para sarjana Kristen tingkat/jabatan tertinggi. Dalam revisi standar Injil, mereka berkata bahwa kata “anak kandung” adalah penambahan, terbitan dan juga buatan. Dan kata tersebut telah dikeluarkan dari Injil. Jika Anda berkata bahwa Yesus adalah anak Tuhan, seperti Adam, seperti Efraim dan seperti Ezra, bukan masalah bagi saya. Saya ingin bertanya pada Anda mengenai kata “anak kandung”. Apa arti “anak kandung”?

Anda tahu arti dari “memperanak”. Itu adalah perilaku hewan. Itu adalah fungsi dasar dari alat kelamin binatang. Dan saat Anda berkata bahwa dia dilahirkan dari hanya seorang perawan Maria (Maryam), apakah menurut Anda, Tuhan melakukan perilaku seks? Dan jika Anda berkata Yesus a.s adalah Tuhan atau anak Tuhan karena ia dilahirkan dari seorang Maria, Al Qur’an memberikan jawabannya dalam Surat Ali Imran ayat 59, “Sesungguhnya semisal (penciptaan) Isa di sisi Allah adalah seperti (penciptaan) Adam.” Allah menciptakan Adam dari tanah. Jika Anda berkata bahwa Yesus adalah Tuhan karena dia tidak berbapak tapi hanya ber ibu, maka Adam a.s adalah Tuhan yang lebih agung karena dia tidak ber bapak dan tidak ber ibu. Menurut Injil… Masya Allah.. Anda bertepuk tangan. Saya menyukainya. Jadi jika Anda berkata Yesus adalah Tuhan karena dia tidak berbapak tapi hanya ber ibu, maka Adam itu Tuhan yang lebih hebat karena dia tidak ber bapak dan tidak ber ibu.

Penanya : “Saya tadi tidak berkata dia itu Tuhan tapi anak Tuhan.”

Dr. Zakir Naik :  “Baiklah.. Jadi Adam itu anak kandungnya Tuhan. Benar atau salah?”

Penanya : “Definisi Anda, Adam adalah Tuhan karena tidak ber bapak dan tidak ber ibu”

Dr. Zakir Naik :  Bukan, itu bukan definisi saya. Tapi definisi dari misionaris Kristen. Sedangkan definisi saya adalah, Dia adalah utusan Tuhan. Karena Tuhan tidak mungkin melakukan hubungan seksual. Saya beritahu itu pada Anda di pembicaraan tadi. Tak beranak dan tak diperanakkan. Bila Tuhan beranak, maka bukan Tuhan namanya. Bila anak Tuhan berarti orang bijak, saya setuju. Itulah alasan kenapa Allah SWT, dalam Al Quran, dalam 99 atribut, Dia tidak memakan kata “abb (ayah)”. Kenapa? Itu kan atribut yang bagus. Tapi Allah tidak menyebut dengan “ab” yang berarti ayah. Karena orang mulai salah mengartikan arti kata “ayah”, maka Dia memakai kata yang lebih kompleks yaitu “robb (penguasa segala)”, tapi tidak memakai kata “ab (ayah)”. Secara logika itu tidak apa-apa. Tapi Allah SWT Yang Maha Besar. Sengaja tidak memakai kata “ab (ayah)” dalam Al Quran. Karena orang-orang akan salah paham. Bila dikatakan bahwa Yesus anak Tuhan yang berarti utusan, saya sependapat. Tapi manakalah Anda berkata anak kandung, saya tidak setuju. Jadi jika Anda berkata Yesus adalah utusan Tuhan, saya akan berkata “alaihissalam”. Jadi saya menghormati Yesus a.s lebih dari Anda saudara Patrick. Jika saya mengucapkan namanya, saya harus berkata “alaihissalam”. Jika tidak berkata demikian, saya salah. Jadi saya mencintai Yesus a.s lebih dari Anda. Saya mengikuti ajarannya lebih dari Anda. Dan jika Anda mau, saya akan buktikan kepada Anda.

Penanya : “Itu argumen yang berbeda, bukan untuk malam ini.”

Dr. Zakir Naik :  “Maaf, bisa diulang”

Penanya : “Itu argumen yang berbeda, bukan untuk malam ini.”

Dr. Zakir Naik :  “Baiklah. Saya akan memberikan kepada Anda tiga hal. Jika Anda membaca Injil, dia dikhitan di Itali. Semua muslim dikhitan, tapi umat Kristen tidak.  Maka jika Anda berkata bahwa seorang Kristen berarti orang yang mengikuti ajaran Yesus a.s. Disebutkan dalam Injil Imamat bab 11 ayat 7-8, di Ulangan bab 14 ayat 8, kamu tidak boleh makan daging babi. Dalam Isaiah bab 66 ayat 2-5, kamu tidak boleh makan daging babi. Muslim tidak makan daging babi, Kristiani makan daging babi. Jika Anda membaca Injil Efesus bab 5 ayat 18, di Amsal bab 20 ayat 1, dikatakan Anda tidak boleh minum alkohol. Muslim tidak minum alkohol, kebanyak Kristiani minum alkohol. Jika Anda berkata bahwa seorang Kristen berarti orang yang mengikuti ajaran Yesus a.s, kami para muslim, itu lebih Kristen dari orang Kristen sendiri. Kami mencintai Yesus, kami menghormatinya. Jika Anda berkata anda cinta Yesus a.s tapi tidak mengikuti ajarannya, maka cinta Anda itu palsu. Kami, masya Allah, cinta Yesus a.s lebih dari kebanyakan umat Kristen. Karena saya mengikuti ajarannya, saya menghormatinya. Dan Yesus juga berkata di Ajaran Yohanes bab 16 ayat 11-14. Saya masih punya banyak hal untuk dikatakan kepada kalian. Tapi kalian tidak bisa mendapatkannya sekarang. Karena saat dia, roh kebenaran, datang… dia akan membimbingmu menuju kebenaran. Dia sedang berbicara tentang Nabi Muhammad yang akan segera datang. Jadi Yesus a.s berkata Anda harus mempercayai utusan terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW. Meski saya mengikuti Ajaran Yesus a.s, saya percaya akan Nabi Muhammad SAW. Apakah Anda percaya akan Nabi Muhammad sebagai utusan Tuhan?”

Penanya : “Saya percaya”

Dr. Zakir Naik :  “Masya Allah, sekarang Anda seorang muslim.”


Sumber : http://muslimina.blogspot.com

Inilah 13 Tanda Keserdasan Emosi

Sample Image 

Dikutip dari UMMI-ONLINE.COM

Kecerdasan emosi berperan 80 persen dalam kesuksesan hidup seseorang dalam masyarakat, sekalipun seseorang pintar namun bila tak mampu berinteraksi atau bekerjasama dengan orang lain, maka kesuksesanya sosialnya akan lambat.

Sahabat, Rasulullah shalallaahu alaihi wassalam adalah sosok yang memiliki kecerdasan emosi tinggi, beliau disegani dan dihormati oleh kawan maupun lawan, lalu apakah kita sebagai umatnya telah berhasil mencontoh kemampuan beliau dalam mengelola emosi?

Berikut ini 13 tanda yang dimiliki oleh orang-orang yang cerdas secara emosional, dilansir Huffington Post...

1. Mampu menjadi pemimpin yang baik.

Pemimpin yang luar biasa memiliki satu kesamaan. Di samping memiliki bakat, etos kerja yang kuat dan ambisi, mereka juga memiliki kecerdasan emosional tingkat tinggi. Dalam penelitiannya, seorang psikolog bernama Daniel Goleman membandingkan orang-orang yang unggul dalam peran kepemimpinan dengan mereka yang kemampuannya rata-rata.

Ia kemudian menemukan bahwa hampir 90% dari perbedaan mereka adalah karena adanya kecerdasan emosional yang tinggi. "Semakin tinggi pangkat seseorang, maka ia dianggap memiliki kecerdasan emosional yang lebih tinggi," pungkas Goleman.

2. Mengenal kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

Tak semua orang memiliki kesadaran diri yang jujur tentang dirinya sendiri. Orang yang memiliki kecerdasan emosional tahu bagaimana cara untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya sendiri, serta mampu menganalisis bagaimana cara bekerja paling efektif menghadapi keduanya.

Menurut Goleman, kesadaran ini melahirkan kepercayaan diri yang kuat dan itulah faktor utama sebuah kecerdasan emosional.

3. Mampu fokus dan memperhatikan sesuatu.

Apakah anda mudah terganggu oleh hal lain saat sedang fokus terhadap sesuatu? Jika ya, maka anda bisa semakin jauh dari pencapaian kecerdasan emosional diri sendiri. Kemampuan untuk menahan gangguan dan tetap fokus menurut Goleman adalah rahasia besar kecerdasan emosional.

"Kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan, misalnya tak lantas membaca pesan teks saat sedang bekerja menunjukkan seberapa baik kecerdasan emosional Anda," tuturnya.

4. Tahu alasan mengapa merasa marah.

Kita semua tentu mengalami sejumlah fluktuasi emosional sepanjang hari dan sebagian dari kita bahkan tidak tahu apa penyababnya.

Aspek penting dari kecerdasan emosional dalam hal ini adalah kemampuan untuk mengenali darimana emosi anda berasal dan untuk apa anda merasa marah.

Orang yang cerdas secara emosional akan mengambil langkah mundur dari emosi, 'melihat' apa yang mereka rasakan, dan memeriksa efek emosi mereka sendiri.

5. Mampu membaur dengan banyak orang.

Menurut Goleman, mampu berteman dan membuat hubungan persahabatan yang efektif merupakan salah satu tanda seseorang memiliki kecerdasan emosional.

6. Peduli dan menjadi orang yang bermoral.

Salah satu aspek dari kecerdasan emosional adalah identitas moral, yang berkaitan dengan sejauh mana kita peduli terhadap kondisi orang lain. Jika Anda termasuk seseorang yang peduli tak hanya pada diri sendiri, tetapi juga pada orang lain dan lingkungan sekitar, maka Anda mungkin memiliki kecerdasan emosional yang baik.

7. Selalu mau membantu dan memperhatikan orang lain.

Jika kamu selalu memperhatikan orang lain, apakah dengan menyapa seseorang atau membantu lansia menyeberang jalan, anda menunjukkan sebuah kecerdasan emosional. Sebab banyak dari kita, sebagian besar waktu benar-benar fokus hanya pada diri sendiri.

"Ada sesuatu dari diri sendiri yang mampu melakukan penyerapan lingkungan dan tahu kapan waktu untuk memperhatikan orang lain dengan empati dan kasih sayang," kata Goleman. Menjadi lebih sadar dan memperhatikan lingkungan dikatakan oleh Goleman termasuk dalam ciri sebuah kecerdasan emosional.

8. Pandai membaca ekspresi wajah orang lain.

Dinyatakan kembali oleh Goleman, mampu merasakan perasaan orang lain adalah salah satu bagian penting dari memiliki kecerdasan emosional yang baik.

9. Setelah gagal, mampu bangkit lagi dengan segera.

Bagaimana anda menerima kegagalan dan cepat bangkit kembali menunjukkan bagaimana kecerdasan anda secara emosional.

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tahu bahwa meskipun gagal, namun hidup harus terus berjalan. Dengan kata lain, ketika mereka mengalami kegagalan atau kemunduran, ia mampu bangkit kembali dengan cepat. Hal ini karena mereka memiliki kemampuan untuk mengalami emosi negatif dan mengontrolnya dengan baik.

10. Mampu menilai karakter orang lain.

Orang dengan kecerdasan emosional yang baik selalu bisa mengenal karakter orang lain sekaligus menilainya. Mereka dianggap memiliki intuisi yang baik terhadap penampilan seseorang.

11. Mau mengikuti kata hati.

Cerdas secara emosional berarti Anda merasa nyaman untuk mengikuti kata hati Anda sendiri. "Jika Anda yakin dan percaya terhadap intuisi Anda, maka Anda termasuk memiliki kecerdasan secara emosional," tegas Goleman.

12. Memiliki kemampuan untuk memotivasi diri sendiri

Apakah anda selalu ambisius dan pekerja keras? Jika memiliki motivasi diri yang sangat baik, mampu memusatkan perhatian dan selalu fokus mengejar tujuan, maka anda bisa dikatakan memiliki EQ yang baik.

13. Tahu kapan harus berkata 'TIDAK'

Menurut Goleman, ini berarti Anda mampu mendisiplinkan diri sendiri dan menghindari kebiasaan yang tidak sehat. Orang yang cerdas secara emosional umumnya mampu menoleransi stres dan bahkan mampu mengendalikan keinginan mereka sendiri.

Apakah dari ke-13 ciri-ciri tersebut kita memiliki keseluruhan ataupun sebagian tanda-tanda orang yang cerdas emosi?


Sumber : http://ummi-online.com

Wahai Sahabat Ketahuilah Ini Alasan Kenapa Islam Melarang Makan & Minum Sambil Berdiri


Mengerikan, inilah Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri




Dikuti[ dari Tribun-Timur.Com

Dalam hadist disebutkan "janganlah kamu minum sambil berdiri". Dari segi kesehatan, air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer.


Sfringer adalah suatu struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar  air kemih bisa lewat. Dan ternyata sfringer ini hanya bekerja pada saat kita duduk. Sehingga jika kita minum atau makan sambil berdiri, air yang masuk ke dalam tubuh akan masuk begitu saja tanpa disaring oleh sfringer.

Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada `pos-pos' penyaringan yang berada di ginjal. Jika kita minum sambil berdiri, air yang kita minum otomatis masuk tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih.

Ketika menuju kandung kemih itu terjadi pengendapan di saluran sepanjang ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter inilah awal mula munculnya bencana. Yaitu mulai muncul penyakit kristal ginjal, salah satu penyakit ginjal yang sungguh berbahaya.



Bahkan Rasulullah sendiri sejak 1400 tahun yang lalu melarang minum sambil berdiri. Apalagi jika makan sambil berdiri, itu justru lebih berbahaya. Pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lambat.

Jika minum sambil berdiri, maka cairan minuman akan jatuh dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras. Dan jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Adapun Rasulullah SAW pernah sekali minum sambil berdiri, tapi itu disebabkan ada sesuatu yang menghalangi beliau untuk duduk, seperti penuh sesaknya manusia. Dan ini bukan merupakan kebiasaan beliau. Ingat azas darurat!

Pada saat berdiri tubuh manusia dalam keadaan tegang. Setiap  organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras untuk mempertahankan semua otot tubuh agar tetap tegak. Ini menyebabkan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum.

Ketenangan ini hanya bisa dihasilkan pada saat duduk, di mana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.



Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah.

Akibatnya bisa mematikan detak jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.
Bila terbiasa makan dan minum sambil berdiri secara terus-menerus terbilang berbahaya bagi dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95 persen terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.


Sumber : http://makassar.tribunnews.com

Ini Janji Rasullullah SAW Kepada Nasrani & Gerejanya

Tahukah Anda, ini Janji Rasulullah Muhammad Terhadap Nasrani dan Gerejanya

Dikutip dari TRIBUN-TIMUR.COM

Nabi Muhammad SAW ternyata pernah berjanji melindungi umat Kristiani beserta rumah ibadahnya (gereja). Janji itu dinyatakan kepada umat Kristiani dari Najran, wilayah di Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman. Kendati janji ini disampaikan kepada Nasrani Najran tapi ia tidak terbatas buat mereka namun buat semua kaum Nasrani di seluruh persada bumi dan sepanjang masa. Inikah bukti adanya toleransi yang pernah dipraktikkan Rasulullah? 

Berikut ini janji tersebut, sebagaimana dikutip dari blog Direktur Pusat Studi Quran, Prof M Quraish Shihab, quraishshihab.comtanpa disunting:

Najran dan kelompoknya serta semua penganut agama Nasrani di seluruh dunia berada dalam perlindungan Allah dan pembelaan Muhammad Rasulullah menyangkut harta benda, jiwa dan agama mereka, baik yang hadir (dalam pertemuan ini) maupun yang gaib. Termasuk juga keluarga mereka, tempat-tempat ibadah mereka dan segala sesuatu yang berada dalam wewenang mereka, sedikit atau banyak.

Saya berjanji melindungi pihak mereka, dan membela mereka, gereja dan tempat-tempat ibadah mereka serta tempat-tempat pemukiman para rahib dan pendeta-pendeta mereka demikian juga tempat-tempat suci yang mereka kunjungi.

Saya juga berjanji memelihara agama mereka dan cara hidup mereka – di mana pun mereka berada- sebagaimana pembelaaan saya kepada diri dan keluarga dekat saya serta orang-orang Islam yang seagama dengan saya. Karena saya telah menyerahkan kepada mereka perjanjian yang dikukuhkan Allah bahwa mereka memiliki hak serupa dengan hak kaum muslimin, dan kewajiban serupa dengan kewajiban mereka.

Kaum muslimin pun berkewajiban seperti kewajiban mereka berdasar kewajiban memberi perlindungan dan pembelaan kehormatan sehingga kaum muslimin berkewajiban melindungi mereka dari segala macam keburukan dan dengan demikian mereka menjadi sekutu dengan kaum muslimin menyangkut hak dan kewajiban.

Tidak boleh uskup dari keuskupan mereka diubah, tidak juga kekuasaan mereka, atau apa yang selama ini mereka miliki. Tidak boleh juga dituntut seseorang atas kesalahan orang lain, sebagaimana tidak boleh memasukkan bangunan mereka ke bangunan mesjid, atau perumahan kaum muslimin. Tidak boleh juga mereka dibebani kezaliman menyangkut pernikahan yang mereka tidak setujui. Keluarga wanita masyarakat Nasrani tidak boleh dipaksa mengawinkan anak perempuannya kepada pria kaum muslimin.


Mereka tidak boleh disentuh oleh kemudharatan kalau mereka menolak lamaran atau enggan mengawinkan karena perkawinan tidak boleh terjadi kecuali dengan kerelaan hati. Apabila seorang wanita Nasrani menjadi isteri seorang muslim maka sang suami harus menerima baik keinginan isterinya untuk menetap dalam agamanya dan mengikuti pemimpin agamanya serta melaksanaka tuntunan kepercayaannya.

Tidak boleh hal ini dilanggar. Siapa yang melanggar dan memaksa isterinya melakukan sesuatu yang bertentangan dengan urusan agamanya, maka dia telah melanggar perjanjian (yang dikukuhkan) Allah dan mendurhakai janji Rasul-Nya dan dia tercatat disisi Allah sebagai salah seorang Pembohong.

Buat para penganut agama Nasrani, bila mereka memerlukan sesuatu untuk perbaikan tempat ibadah mereka, atau satu kepentingan mereka dan agama mereka, bila mereka membutuhkan bantuan dari kaum muslimin maka hendaklah mereka dibantu dan bantuan itu bukan merupakan hutang yang dibebankan kepada mereka tetapi dukungan buat mereka demi kemaslahatan agama mereka serta pemenuhan janji Rasul (Muhammad saw.) kepada mereka dan anugerah dari Allah dan Rasul-Nya buat mereka. Tidak boleh seorang Nasrani dipaksa untuk memeluk agama Islam
“Janganlah mendebat orang-orang Yahudi dan Nasrani yang berselisih pendapat denganmu kecuali dengan cara yang paling baik. Kecuali dengan orang-orang yang melampaui batas dan katakan, “Kami percaya dengan apa yang diturunkan Allah kepada kami, (Al-Qur’ân), juga dengan apa yang diturunkan kepada kalian (Tawrât dan Injîl). Tuhan kami dan Tuhan kamu adalah satu. Dan kami hanya tunduk kepada-Nya semata.” (Q.S. al-‘Ankabut 46). Mereka hendaknya diberi perlindungan berdasar kasih sayang dan dicegah segala yang buruk yang dapat menimpa mereka kapan dan dimanapun.

Demikian janji Rasulullah Muhammmad saw. (diriwayatkan antara antara lain oleh Abu Daud, dan dikutip dengan berbagai riwayat oleh Abi Yusuf dalam bukunya Al-Kharaj, Ibnu Al-Qayyim dalam Zad al-Ma’ad dan lain-lain dan dapat diunduh di Google. [M. Quraish Shihab]

Sumber : http://makassar.tribunnews.com